Rabu, 11 Mei 2011

ADAWAT AL-ISTIFHAM (Kata Tanya)

أَدَوَاتُ الاِسْتِفْهَام
ADAWAT AL-ISTIFHAM (Kata Tanya)

Di bawah ini dicantumkan sejumlah Kata Tanya dengan contohnya masing-masing dalam kalimat beserta contoh jawabannya:

Kata Tanya

Contoh Kalimat Tanya

Contoh Jawaban
هَلْ / أَ هَلْ أََنْتَ مَرِيْضٌ ؟ لاَ، أَنَا فِيْ صِحَّةٍ

(=apakah)

(=apakah engkau sakit?)

(=tidak, saya sehat)

مَاذَا / مَا

مَاذَا تَكْتُبُ ؟

أَكْتُبُ رِسَالَةً

(=apa)

(=apa yang kau tulis?)

(=aku menulis surat)

مَنْ ذَا / مَنْ

مَنْ كَتَبَ هَذَا ؟

أَحْمَدُ كَتَبَ هَذَا

(=siapa)

(=siapa yang menulis ini?)

(=Ahmad yang menulis ini)

أَيَّةُ / أَيُّ

أَيُّ قَلَمٍ تُحِبُّ ؟ أُحِبُّ قَلَمَ اْلأَسْوَدِ

(=yang mana)

(=pena yang mana kau suka?) (=aku suka pena yang hitam)

مَتَى

مَتَى تَذْهَبُ ؟

أَذْهَبُ غَدًا

(=kapan)

(=kapan engkau pergi?)

(=aku pergi besok)

أَيْنَ

أَيْنَ تَذْهَبُ ؟

أَذْهَبُ إِلَى الْقَرْيَةِ

(=dimana)

(=dimana engkau pergi?)

(=aku pergi ke kampung)

كَيْفَ

كَيْفَ تَذْهَبُ ؟

أَذْهَبُ بِالْحَافِلَةِ

(=bagaimana)

(=bagaimana engkau pergi?)

(=aku pergi dengan bus)

كَمْ

كَمْ يَوْمًا تَذْهَبُ ؟ أَذْهَبُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ

(=berapa)

(=berapa hari engkau pergi?)

(=aku pergi selama tiga hari)

لِمَاذَا / لِمَا

لِمَاذَا تَأَخَّرْتَ ؟

الطَّرِيْقُ مُزْدَحِمَةٌ

(=mengapa)

(=mengapa kau terlambat?)

(=jalanan macet)

لِمَ

لِمَ سَأَلْتَ ذَلِكَ ؟

حَقِيْقَةً لاَ أَفْهَمُ

(=kenapa)

(=kenapa kau bertanya itu?)

(=sungguh aku tidak paham)

لِمَنْ

لِمَنْ هَذَا الْقَلَمُ ؟

هَذَا قَلَمُ أَحْمَدِ

(=punya siapa)

(=kepunyaan siapa pena ini?)

(=ini pena Ahmad)

Buatlah sendiri kalimat-kalimat tanya dari setiap kata-kata tanya di atas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar